Software dan Game free
Menu Situs
Bagian kategori
Game [16]
Software [30]
Tips - trik [11]
Anti Virus [11]
Uang Gratis [9]
Hacking [11]
Berikan Pendapat anda
Rate my site
Total of answers: 11
Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Main » 2011 » August » 8 » Sistem Operasi Komputer
10:58 AM
Sistem Operasi Komputer
Sistem operasi merupakan "sistem yang membuat komputer dapat beroperasi”. Sistem operasi merupakan software komputer yang berisikan mekanisme kerja yang mengatur hubungan antar berbagai komponen yang ada dalam computer sehingga dapat saling terintegrasi dalam menjalankan fungsinya untuk membangun kinerja sebuah sistem komputer. Jadi dari program-program yang diinstal ke dalam komputer, system operasi merupakan program yang pertama kali dibaca oleh computer setelah BIOS, yang akan membuat computer bisa aktif dan dapat digunakan untuk bekerja. Tanpa system operasi, computer dengan kualifikasi paling canggih pun tadak akan dapat dioperasikan.
Saat ini banyak sekali system operasi computer yang beredar dipasaran dan digunakan untuk dapat mengoperasikan computer. Tetapi diantara berbagai system operasi tersebut, Microsoft Windows merupakan system operasi yang paling popular digunakan oleh sebagian besar pemakai computer saat ini.
Sistem operasi yang ada dan berkembang dilingkungan para pengguna PC diantaranya adalah DOS, Windows 95, Windows 98, Windows XP, Windows NT, Novel Netware, Linux, BeOs, FreeBSD dan lain sebagainya.

A. Sistem Operasi DOS 

  DOS merupakan singkatan dari Disk Operating System. Ketika pertama kali diperkenalkan, system operasi ini merupakan system operasi yang paling popular di awal tahun 80an. Tidak ada system operasi lain yang dapat menandingi kepopuleran DOS saat itu. Sistem operasi ini berbasis teks dan tidak mendukung untuk penampilan grafik tingkat tinggi.
  Salah satu kelebihan DOS yang membuat system operasi ini cepat berkembang adalah biaya yang rendah dan dapat dijangkau oleh semua pengguna PC. Disamping itu beroperasinya system operasi ini tidak membutuhkan spesifikasi computer yang tinggi, tidak membutuhkan ruang dengan kapasitas yang cukup besar dan bahkan bisa diletakkan pada sebuah floopy disk.
  DOS memiliki sifat single tasking dan single user. Single tasking berate bahwa pada system operasi DOS tidak bisa dilakukan dua pekerjaan secara bersama-sama. Pada satu waktu, DOS hanya bisa mengaktifkan satu program saja. Seperti misalnya pada saat kita menggunakan program Word Star untuk pengetikan, kita tidak bisa mengaktifkan program lain seperti Lotus jika akan membuat tabel. Untuk mengaktifkannya harus bergantian. Kemudian single user, artinya adalah DOS ditujukan untuk pengguna tunggal saja dan tidak bisa digunakan untuk system operasi jaringan. Hal-hal itulah yang membuat keterbatasan DOS dan pada akhirnya ditinggalkan oleh penguna-penggunanya untuk beralih pada system operasi lain yang dianggap lebih baik.

B. Sistem Operasi Windows 3.X

Awal tahun 90an, muncul system operasi yang cukup disukai oleh para pengguna computer. Sistem operasi ini dibuat oleh Microsoft Coorporation dan diberi nama Microsoft Windows dengan versi awal 3.10.

Sistem operasi ini memperbaiki kekurangan DOS dalam hal tampilan dan cara pengoperasian. Jika DOS berbasiskan teks, maka system ini berbasis pada tampilan grafis, jadi enak dilihat dan mudah untuk dioperasikan. Disamping itu, system operasi ini mempunyai sifat multitasking dan multiuser. Multitasking, artinya bahwa pada system operasi ini kita bisa membuka beberapa aplikasi secara bersama-sama. Sedangkan multiuser, artinya bahwa system ini mendukung pengoperasian system jaringan computer.

Kelemahan system ini adalah bahwa Windows 3.X masih berbasis pada DOS. Dalam arti bahwa sebelum menjalankan Windows 3.X, computer akan membaca membaca DOS terlebih dahulu dan mengaktifkan Windows 3.X setelah DOS nya aktif.

C. Linux Operating Sistem

System operasi yang sekarang baru gencar-gencarnya dipromosikan adalah LINUX operating system. System operasi ini merupakan tiruan dari UNIX yang dirancang untuk PC. Diciptakan oleh Linus Torvald yang pada saat menemukan system ini masih berstatus sebagai mahasiswa di Universitas Helsinki, Finlandia. Awal Linus terobsesi oleh minix operating system, sebuah system tiruan UNIX sederhana yang diciptakan oleh Andrew Tanembaum. LINUX versi 0.10, di release pada tahun 1991, kemudian berkembang secara cepat karena dapat disebarluaskan dan di modifikasi oleh siapa saja.
LINUX merupakan system operasi yang memiliki sifat multitasking, multiuser, portable, free software dan open source.
Multitasking, berarti pada system operasi ini dapat dijalankan beberapa program aplikasi secara bersama-sama.
Multiuser, artinya bahwa system operasi LINUX mendukung adanya system operasi jaringan untuk banyak pemakai sekaligus.
Portable, berarti bahwa system operasi LINUX tidak tergantung pada perangkat keras tertentu dan dapat dijalankan untuk berbagai platform computer mulai dari PC, Note Book sampai pada super computer.
Free software, merupakan kelebihan LINUX yang dapat di sebar luaskan tanpa harus membayar biaya lisensi dan memiliki kemudahan untuk memperolehnya pada berbagai situs internet secara gratis dan tanpa harus disebut sebagai "Pembajak”.
Open Source, berarti bahwa system operasi ini dilengkapi dengan source code atau kode-kode programnya secara lengkap dan anda bahkan diperbolehkan untuk mengotak-atik source code tersebut dengan bebas sesuai kreatifitas masing-masing.
Dengan berbagain kelebihan tersebut diatas, LINUX dikenal sebagai system operasi para hacker yang dimaksudkan bahwa dengan menggunakan system operasi ini, pemakai dapat mengatasi sendiri setiap masalah yang terjadi, melakukan manajemen system serta mengotak-atik kernel dan mengkompilasinya.
Dan karena berbagai sifat itu pula, LINUX memiliki banyak versi yang merupakan hasil pengembangan dari para pemakainya. Ada beberapa versi LINUX yang beredar sekarang ini seperti Slackware 96, Redhat Linux, WGS Linux Pro, Trans-Ameritech, Linux Universe dan sebagainya. 

D. BeOS- Be Operating System dan FreeBSD

Sistem operasi BeOS, di release oleh Be Incorporated dan bisa diperoleh secara gratis di situs http://free.be.com. System operasi ini berarsitektur 32bit yang mendukung sifat multitasking dan multiuser dan optimal untuk aplikasi-aplikasi yang berbasis web.

Untuk melakukan instalasi memiliki system yang mirip dengan proses instal atau uninstalnya windows. Pada system ini juga tersedia beberapa aplikasi unutk internet seperti browser, FTP dan Telnet Server.

Sedangkan FreeBSD merupakan pengembangan dari system operasi BSD UNIX. Memberikan fasilitas yang cukup baik, aman dan compatible untuk keperluan jaringan, ideal untuk internet dan dapat di instalasi dengan mudah menggunakan CD Room maupun floppy disk.

Seperti halnya LINUX, kedua system operasi diatas bebas di peroleh tanpa melanggar lisensi. Tetapi untuk sekarang ini kedua system operasi tersebut belum sepopuler system-sistem operasi yang telah dibahas sebelumnya.

E. Sistem Operasi Windows 9X-2000

Setelah era Windows 3X, system operasi Windows 95 muncul dengan nama yang sesuai dengan tahun pemunculannya yaitu tahun 1995. Dilanjutkan dengan Windows 97, Windows 98 dan Windows 98 SE. Windows generasi ini memiliki penampilan yang lebih baik dari pada Windows 3.X, dengan cara pengoperasian yang lebih mudah. 
Windows 9X lebih mengarahkan perkembangannya pada real operating system dimana sedikit demi sedikit mengurangi ketergantungannya pada DOS. Hal ini nampak pada perkembangannya, dimana ketika computer yang bersistem operasi Windows 95 diaktifkan, maka computer akan langsung membaca system operasi ini pada proses bootingnya. Berbeda dengan system operasi Windows 3.X yang pada saat bootingny mash membaca dan mengaktifkan DOS terlebih dahulu.

F. Sistem Operasi Windows XP

Generasi Windows yang muncul selanjutnya adalah Windows XP. Di release pada akhir tahun 2001, dan diarahkan untuk menjadi produk tunggal yang terintegrasi dan bisa mengantikan semua lini Windows versi-versi sebelumnya. Windows ini merupakan hasil kerja keras para perancang Microsoft yang merupakan system operasi berbasis arsitektur Windows NT dengan banyak pembaharuan di berbagai hal.
Arsitektur dari Windows XP ini menggantikan basis DOS yang sebelumnya masih banyak digunakan dengan system kernel Windows NT. Kelebihan lain dari versi ini adalah performanya yang semakin baik dan lebih terintegrasi dengan aplikasi jaringan.

Windows XP memiliki tampilan yang dikemas berbeda dari windows-windows generasi pendahulunya. Dengan kemasan tampilan baru tersbut diharapkan memberi keleluasaan bagi pengguna rumahan dan bisnis yang ingin menikmati petualangan menarik di dunia digital. Memiliki fitur-fitur yang lengkap dan dapat digunakan untuk akses internet ataupun intranet secara lebih terintregrasi terdapat juga fasilitas fotografi digital, voice dan video call, wireless networking sampai pada remote desktop yang akan lebih memudahkan pekerjaan para penggunannya. Fasilitas tersebut memungkinkan Anda untuk mengakses semua data dan aplikasi yang tersimpan pada desktop komputer Anda di rumah dari mana saja yang tentunya terhubung secara jaringan.

Windows XP dirancang memiliki tiga seri yaitu Windows XP Home Edition, Professional dan Technical Computing. Seri Home Edition, merupakan seri yang dirancang untuk pengguna rumahan yang menginginkan kenyamanan dalam bekerja dan untuk pemakai berhubungan dengan desain visual. Di sini terdapat berbagai kemudahan dalam memperoleh dan mengorganisasikan photo-photo untuk pemakaian bersama (sharing) serta praktisnya pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan audio dan video.
Seri professional, merupkan seri lengkap yang dirancang untuk pebisnis. Seri ini memiliki bebrapa tambahan yang berkaitan dengan masalah security, privasi penggunanya dan performa yang lebih baik. Khusus untuk pebisnis, windows ini menawarkan keleluasaan dalam berhubungan dengan customer atau relasi bisnis yang dimilikinya. Kemudahan "Mobilitas” menjadi kata kunci untuk ini. Windows XP menyediakan fasilitas yang sangat mendukung mobilitas seperti fitur remove desktop, remote assistance, dan NetMeeting yang merupakan pengembangan dari versi sebelumnya. 

Sedangankan Windows XP Technical Computing merupakan seri yang lengkap dan diarahkan untuk keperluan komputasi teknis. Pada windows ini mengutamakan reliabilitas dan stabilitas sehingga diharapkan pengguna dapat lebih berkonsentrasi pada pekerjaannya tanpa harus terhambat oleh kerewelan system yang dipakai. System ini juga dilengkapi dengan fasilitas penanganan troubleshooting yang memungkinkan pemakai untuk menangani sendiri masalah-masalah yang terjadi dengan Windows XP yang dipakainya.

Views: 2934 | Added by: Umampratama | Rating: 5.0/1
Total comments: 1
1  
The particular is popular by the name to do with Monnie but it's just not the more feminine mention out their. New York is very much the truly place jane is been being in along with she has everything the she could use there. She is an effective invoicing police officer and my wife salary consists of been amazingly fulfilling. To do resistance training is this hobby my mother will you shouldn't stop offering. You has the potential to always unearth her online shop here:

_______________
szybkie kredyty chwilówki http://www.kongtunmuban-cm.com/photo/?level=picture&id=6| pozyczki chwilówki dostateczne

Name *:
Email *:
Code *:
Pencarian
Kalendar
«  August 2011  »
SuMoTuWeThFrSa
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031
Entries archive
Lain-lain
  • Create a free website
  • Online Desktop
  • Free Online Games
  • Video Tutorials
  • All HTML Tags
  • Browser Kits
  • Situs Teman
  • The Devil
  • Gelora Sriwijaya
  • Blog Anak Gaptek
  • HuSinZ Download
  • T4 Belajar Blogger
  • Dunia Driver


  • Free Web Site Counter
    Pengunjung
    :: Get This Widget! ::
    Copyright MyCorp © 2018Website builderuCoz